Beberapa Penjelasan Sejarah Musik Reggae

 On Saturday, November 17, 2018  

Sejarah Musik Reggae

Reggae merupakan suatu aliran musik yang awalnya dikembangkan di Jamaika pada akhir kurang lebih era 60-an. Sekalipun kerap digunakan secara luas untuk menyebut hampir segala jenis musik Jamaika, istilah reggae lebih tepatnya merujuk pada gaya musik khusus yang muncul mengikuti perkembangan ska dan rocksteady.

Beberapa Penjelasan Sejarah Musik Reggae
gemabar beberapa lambang reggae
Reggae berbasis pada gaya ritmis yang bercirikan aksen pada off-beat atau sinkopasi, yang disebut sebagai skank. Pada umumnya reggae mempunyai tempo lebih lambat daripada ska maupun rocksteady. Biasanya dalam reggae terdapat aksentuasi pada ketukan kedua dan keempat pada setiap bar, dengan gitar rhythm juga memberi penekanan pada ketukan ketiga; atau menahan kord pada ketukan kedua sampai ketukan keempat dimainkan.

Sejarah Perkembangan Musik Reggae

Kata reggae itu sendiri diduga berasal dari logat dalam kamus bahasa Afrika. Dalam bahasa Afrika, kata reggae berarti gerakan badan yang menari sesuai dengan irama musik yang dibunyikan. Hal tersebut mungkin cocok dengan reggae yang menghadirkan irama lambat yang membuat badan bergerak sesuai irama. Musik reggae banyak dipengaruhi oleh genre musik yang lainnya, seperti R&B, soul, dan musik mento yang merupakan musik daerah rakyat Jamaika.

Pada tahun 1972, kehadiran Bob Marley and The Wailers yang sukses merilis album reggae Catch A Fire mampu melambungkan musik reggae ke seluruh penjuru dunia. Hal inilah yang kemudian menjadikan nama Bob Marley menjadi salah satu ikon reggae di dunia. Ia dikenal konsisten menyanyikan lagu-lagu reggae yang sukses menjadi hits dan populer. Bob Marley bahkan menjadi salah satu musisi paling berpengaruh sepanjang masa dan menjadi tokoh penting dalam industri musik sepanjang masa.

Sejarah Musik Reggae

Sejarah kelahiran musik reggae diduga terjadi pada sekitar tahun 1968. Saat itu, di kalangan masyarakat di Jamaika, musik dengan tempo lebih selow lebih digemari dibandingkan dengan musik ska dan rocksteady. Musik dengan tempo lambat tersebut kemudian disebut dengan musik reggae dan mulai popuelr di negara Jamaika. Hal ini lah yang kemudian membuat kita atau negara Jamaika itu sendiri disebut sebagai tempat asal mula yang pertama kali mempopulerkan musik reggae.
Beberapa Penjelasan Sejarah Musik Reggae 4.5 5 Cokis Saturday, November 17, 2018 Sejarah Musik Reggae Reggae merupakan suatu aliran musik yang awalnya dikembangkan di Jamaika pada akhir kurang lebih era 60-an. Sekalipun...


No comments:

Post a Comment